Sabtu, 28 Februari 2009

MUKADIMAH JIWA PUTIH

JIWA PUTIH


jiwa putih adalah janji
jiwa putih adalah prasasti
jiwa putih adalah jejak kaki
jiwa putih adalah bayi

jiwa putih
satukan kita
untuk bersuara
menuju satu muara
keseimbangan hidup


klaten, feb '09

Salam pertaruhan sukma,

Mungkin saya ini termasuk orang yang ndeso ( maaf, Kul saya memakai bahasa jokemu ) ,telat tekhnologi informasi, bagaimana tidak ? saya hampir puluhan tahun senang menulis tapi berlangganan dan mengenal internet baru 3 bulan yang lalu. Itupun karena desakan teman.Setelah ngotak-ngatik, pijet sana pijet sini, eeeeh ...ketemu blogspot ini. Lalu, eeeeeh ketemu ada blogspot.com. Ya, akhirnya saya ndaftar untuk menjadi members blog ini. Dengan situs ” SASTRA NDESO (JIWA PUTIH )“. Bagi saya blog ini sangat penting, karena dengan adanya blog ini, saya bisa mengekspresikan karya - karya saya ( puisi, cerpen, opini, naskah teater dan segala uneg-uneg ) untuk menyemarakkan khasanah sastra di indonesia. Ada beberapa karya saya yang telah dimuat di beberapa harian di indonesia, yang akan saya masukkan dalam blog saya ini.Juga ada beberapa karya tulis dari anak-anak saya.

Kenapa saya mengambil judul blog saya ini dengan “ SASTRA NDESO ( JIWA PUTIH ) “. Adalah, karena saya yang lahir memang dari sebuah desa, ada sebuah obesesi batin tentang sebuah jiwa yang penuh dengan cinta, kedamaian, instropeksi dan pemahaman bahwa semuanya hadir dan kembali hanya kepada Tuhan. Jiwa Putih adalah muara berpikir, berkumpul, menyatukan ide, gagasan untuk sebuah kejujuran dan kebenaran akan perjalanan manusia. Jiwa Putih adalah persinggungan antara diri sendiri, antar manusia, alam raya dan Tuhan Yang Satu.

Dengan kehadiran blog ” SASTRA NDESO ( JIWA PUTIH )” saya ini, semoga mampu memberi spirit kehidupan yang lebih baik. Manusia indonesia adalah baik, kita adalah baik, alam raya adalah baik dan Tuhan adalah Maha Baik. Kebaikan hanya dalam niatan kita. Jadikan sastra sebagai sarana bersuara.

Klaten, 28 February 2009

Salam saya,

Dendy Rudiyanta




BIODATA PENULIS

Penulis yang bernama asli Dendy Rudiyanta, lahir di Dk.Trucuk,Ds.Trucuk,Kec.Trucuk.Pada hari Senin Pon,Tanggal 25 Maret 1974.Aktivitas sehari-hari disibukkan dengan kegiatan bisnis, perkumpulan, paguyuban,Sinoman dan kesenian.Sebagai aktivis kesenian khususnya, Teater di Kab.Klaten.

Di kesenian penulis sering menulis puisi, sajak, naskah teater, cerpen, opini, naskah sinetron dan lain-lain.Karya-karya puisi yang pernah dibukukan, antara lain ; Batu Beramal II, Bangkit I, Antologi Kelompok Sastra Mangkubumen dan lain-lain.Dua buah karya puisi pernah menjadi Karya Nominasi pada ajang Lomba Cipta Puisi di Batu Malang Jawa Timur Tingkat Nusantara, Karya-karya puisi pernah termuat dalam media massa (SOLOPOS,KEDAULATAN RAKYAT, JAWAPOS, SUARA MERDEKA, Bulettin Ajang, Bulettin Guide dll).Karya-karya naskah drama, antara lain; Binasa (1993), Orang-orang Kerdil (1993), Mbah Dukun (1993), Asu,Aku Sang Utusan (1994), Ande-Ande Lumut (1995), Calon Arang (1995), DamarWulan (1995), Bejo dan Kawul (1996), Mencari Pesugihan/naskah sandiwara radio (1996), Glosor-Glosor Oye-Oye (1996), Pangeran Bagus Mardiko (1996), Nyanyian Orang-orang Bingung (1996), Penjaga Kuburan (1997), Me-Revolusi Ki Demang (1998), Sidang Istimewa Para Setan (2000), Orkestra Negeri Punakawan (2001), Biarkan Kami Bermain/naskah drama anak-anak (2002), Asep Ingin Baju Baru/naskah drama religius anak-anak (2002), Perpisahan Membawa Berkah / Naskah Drama Anak – Anak ( 2004 ), Dekrit Pesinden / Naskah Film Independen ( 2003 ), Cebol, Nyanyian Mendung Rakyat Sendang Abang / Naskah Monolog ( 2004 ), Joko Tarub/ Naskah Drama Komedi ( 2004 ),Sepedaku Hilang / Naskah Film Cerita Pendek Anak-Anak ( 2005 ) Surat Terakhir / Naskah Film Cerita Pendek ( 2005 ),Pentul / Naskah Film Cerita Pendek ( 2005 ), Kutut Manggung / Naskah Serial Sinetron Komedi Satir ( 2005 ), Nyanyian Sendu Srikandi / Naskah Teater ( 2006 ),Horo…to…yo.. / Naskah Teater ( 2006 ), Dua Putri Dan Tiga Bidadari / Naskah Drama Anak-Anak ( 2007 ), Anak Bandel / Naskah Drama Anak-Anak Religius ( 2007 ), Balada Barisan Maling ( B B M ) / Naskah Teater ( 2007 )Buku Kumpulan Cerpen “TIKUS” ( 2008 ), Buku Pengenalan Latihan Sederhana Bermain Drama untuk Anak-Anak dan Naskah Drama Anak-Anak, Mengenal Seni Drama Sejak DiniAyo Main Drama “ ( 2008 ), Mimpi Merdeka / Naskah Drama Satu Babak ( 2008 ).

Karya Analisis/Opini politik, kebudayaan yang pernah ditulis , antara lain : Karya buku, Aku Dan Partai GOLKAR / Sebuah Perjalanan Anak Bangsa ( 2003 ), Opini : Mengusir Dhemit Di Pohon Beringin ( 2003 ), Hegemoni Partai Akankah Melumat Eksistensi Kelompok Kesenian ( 2003 ), Menumpang Mobil Partai GOLKAR /Melihat Perspektif Partai GOLKAR Ke Depan (2003), Bisakkah Pers Sebagai Alternatif Kontrol Sosial Dan Politik ( 2003 ), Melihat Konvensi Partai GOLKAR Dalam Perspektif Kacamata Demokratisasi Partai Di Indonesia (2003), Sebuah Catatan Batin, AKU DENGAN ALLAH, ENGKAU DI MANA ? 99 DOA KEPADA ALLAH ( 1996 -2006 )Sadranan Pentingkah ? ( membahas polemik sekitar sadranan ) ( 2008 ), Selamat Datang Parade Politisi Busuk ( Pesimistis Pemilu 2009 ) ( 2008 ).


Keinginan penulis adalah, ingin mendirikan sebuah yayasan kebudayaan/kesenian yang independen untuk anak-anak bangsa Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo kasih komentar, komentar anda berguna bagi saya :